Kamis

5 CM




Ceritanya bermula dari 5 orang yang sahabatan dari SMA yang pastinya sudah dekat banget hubungannya. Kemana-mana mereka pergi pasti bersama, seperti nongkrong bareng, makan bareng, nonton bioskop bareng, serta banyak lainnya yang mereka lakuakan walaupun mereka sudah berbeda kampus. 5 orang tersebut telah lama bersahabat dan memiliki sifat yang berbeda namun selalu membuat suasana menjadi nyaman saat mereka pergi bersama-sama.

Genta adalah orang yang selalu menjadi pemimpin dari 5 orang tersebut, dan bisa mengambil keputasan dalam melakukan sesuatu saat bersama. Genta adalah penggemar berat Riani tapi yang lain tidak tau bahkan Riani sendiri tidak merasakan hal yang sama. Genta adalah tipe orang yang lebih mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri, badannya tidak besar, berambut lurus berjambul.
 
Arial adalah orang yang paling ganteng di antara mereka berlima. Arial ini berbadan besar, tinggi dan memiliki tubuh atletis. Arial merupakan orang yang sporty abis kemana-mana selalu pakai sepatu basket tapi rapi, dan tidak lupa juga kemana-mana sering bawa kecap karena ia penggemar kecap. Dia pun sering di deketin cewek-cewek cuman dia orangnya suka gerogi pada saat di deketin cewek-cwek. Orang yang biasa saja tapi asik, jarang nyela, jarang becanda tapi kalo ketawa paling keras. Arial ini anak Fakultas Hukum yang tidak ngerti hukum tapi orangnya paling patuh sama peraturan.

Zafran adalah seorang penyair yang selalu bimbang. Kesan pertama melihat zafran sangat berbeda sama pas sudah kenal lama. Badannya pas  banget, rambutnya sedikit gondrong di poninya yang mirip vokalisnya Oasis (Liam Galaggher). Tapi zafran orangnya modis tapi kelakuannya berantakan dan orang paling aneh dari mereka berlima, dia bisa di panggil “Juple”, dan kece diantara mereka. Dia suka banget sama adiknya Arial si Arinda.

Ian adalah penggemar berat sepak bola tetapi tidak bisa main bola, ia juga memiliki ciri khas yaitu menyukai makan Mie, ia juga sering bermain game, makanya dia tak selesai-selesai dengan skripsinya. Ian menyukai klub inggris “Manchester United”. Badannya gendut, badannya botak sering dijulukin “banana boat”, “bebek sepeda air Taman Mini”, “pesut Ancol”, “gajah dumbo” bahkan “teletubbies”. Di antara mereka berlima hanya Ian yang belum tuntas dangan skripsinya, ya jadi dia selama ini belum sarjana di antara mereka berlima.

Riani adalah cewek satu-satunya diantara mereka berlima. Riani cewek paling perhatian untuk sahabat-sahabatnya, dia cantik, cerdas, dan sangat mengutamakan prestasi.juga memiliki cirri khas dimana Ian makan Mie pasti Riani bilang… “Bagi dikit kuahnya dong Ian.” Ia seorang aktivis kampus makanya dia pintar. Riani juga dekat pada Genta yang pintar, tetapi dia tidak menyukai Genta melainkan Zafran, tetapi Zafran tidak mengetahui hal tersebut.

Seperti biasa mereka di sore itu nongkrong untuk makan bareng-bareng, setelah itu mereka memutuskan untuk menuju rumah Arial kesempatan untuk Zafran melihat adiknya Arial Arinda atau disebut Dinda. Mereka pun tiba disambut dengan ibunya Arial, tak lama Dinda turun Zafran yang tak heran lagi terus memandangi Dinda dan berkata “Cinta, cinta datang pada saat cinta membutuhkannya.” Sahabat-sahabatnya pun tertawa mendengar kata-kata tersebut lalu seperti biasa mereka menuju ke belakang rumah Arial untuk nongkrong dan membicarakan kebiasaan mereka. Terlalu sering kumpul sampai akhirnya mereka merasa bosan, mereka merasa tidak ada lagi topik yang harus didiskusikan (karena semuanya sudah mereka bahas) dan banyak lagi mereka bisa lakukan jika mereka tidak bersama seperti Ian bisa melanjutkan kuliahnya yang belum kelar selama 6 tahun, dan Genta bisa meningkatkan kariernya, dan masih banyak lagi. Akhirnya Genta memberikan ide supaya mereka berlima tidak ketemu dulu selama 3 bulan, tepatnya sampai tanggal 14 Agustus. Mereka akan bertemu lagi nanti pas tanggal 7 Agustus Genta bakal SMS mereka suruh bawa apa saja karena planning ini secret buat mereka kecuali Genta. Mereka berlima pun setuju untuk tidak bertemu selama 3 bulan itu dan menjalani kehidupan masing-masing sendiri tanpa melakukan komunikasi satu sama lain. Akhirnya malam itu juga merupakan malam mereka terakhir ngumpul sebelum 3 bulan itu selesai.

Disela kerinduan, di masa berak, kelima sahabat ini berbenah diri dan fokus untuk menggapai visi dan misi hidup mereka masing-masing, dan banyak terjadi perubahan yang mereka alami. Mereka berlima jadi orang yang lebih kaya hati dan pikiran, Genta sibuk dengan bisnis EO nya, Riani dengan kerjaan kantorannya, khususnya buat Ian sibuk dengan skripsinya, Arial dengan nge gym dan usahanya untuk menjadi biasa kala berhadapan dengan wanita, Zafran yang ga punya band tapi punya CD rekaman kompilasi musik “The Best of Zafran”. Ian akhirnya menyelesaikan skripsinya yang sudah tertunda lama banget dengan perjuangan yang sangat keras ditolak perusahaan untuk menyebar kuesioner tapi akhirnya Ian lulus juga. Ian juga jadi lebih kenal dengan dosen pembimbingnya (dosennya lucu namanya Sukonto Legowo kalau ngomong sama Ian lama banget, tiap kata pakai titik tapi kalau ngsajar ngomongnya cepet) yang tadinya sangat tidak disukai Ian. 4 bab diselesain 2 bulan loh sama Ian hebat. Arial akhirnya punya pacar namanya Indy. Cewek yang dia kenal di tempat fitness mereka jadian di puncak di villanya Arial, dan pas pulang ini jadi pertama kalinya Arial melanggar peraturan karena sepanjang jalan Arial menyetir cuma dengan 1 tangan, 1 tangannya lagi asik menggenggam tangan Indy (so sweet). Genta sukses dengan project-project EOnya dengan ide-ide cemerlang, dan sama seperti Riani. Riani karena sangat tertarik dengan dunia broadcasting, dia magang di stasiun TV swasta dan baru 1 bulan ssudah bisa megang liputan (Riani memang hebat) dan kalau ditanya gimana caranya dia cuma jawab dengan kata-kata inovatif. Zafran masih PDKT dengan adikmya Arial “Dinda” yang sebenarnya menyukai Genta. Zafran disini tidak ada perubahan malah masih ngerjain proyek-proyek pribadinya.  Mereka pun terasa pada saat mereka tidak bersama sangat membosankan.

Dan setelah habis masa 3 bulan berpisah, mereka bertemu kembali dan merayakan dengan sebuah perjalanan yang mengejutkan dan menantang. Akhirnya mereka kumpul tanggal 14 Agustus di stasiun Senen. Sebelumnya tanggal 7 Agustus Genta sudah SMS mereka buat bawa apa saja. Dinda adiknya Arial untuk ikut bersama abangnya yaitu Arial untuk pergi bersama kelima sahabatnya. Akhirnya mereka berlima bertemu kembali di stasiun. Rasa rindu kelima sahabat itu akhirnya bisa bertemu lagi dan pertemuan pertama mereka saling berpelukkan dan saling bercerita pengalaman mereka selama berpisah. Tapi pada saat itu Ian terlambat datang.

Mulai dari perjalanan pertama mereka yang masih di gerbong kereta menunggu si Ian, Ian pu datang tetapi kereta mulai jalan tetapi Genta tetap mendorong Ian untuk bisa masuk mereka pun kejar-kejarran dengan kereta. Akhirnya mereka pun bisa masuk. Selama di perjalan dalam kereta hampir satu hari itu, mereka mengisi kebosanan mereka dengan bermain kartu, pada saat itulah Ian meberitahukkan bahwa ia sedikit lagi menjadi Sarjana. Hari pun mulai pagi Zafran mengajak Dinda untuk melihat indahnya pemandangan di pagi hari di tepi pintu kereta. Mereka bersama melihat sinar mentari di pagi hari, di temani persawahan. Mereka pun sampai di Malang, mereka berlima menaikki Jeep untuk pergi ke tujuan yang masih misteri untuk mereka kecuali Genta. Mereka pun sampai di Gunung Bromo tetapi nuakn itu tujuan mereka, tujuan mereka adalah Gunung Mahameru. Pada saat disini lah mereka berkata “Dan  sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak berbuat dari biasanya, mata yang akan menatap lebih banyak dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas lebih dari biasanya, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa.” Ini adalah pengalaman pertama mereka yaitu pendakian ke puncak Mahameru, banyak  pengalaman yang mereka alami yang membuat mereka tahu kerasnya tanah air sekaligus membuat mereka lebih cinta sama tanah air. Dan banyak sekali kejadian yang mereka belum rasakan saat mengalami pendakian ke Mahameru. Sebuah pengalaman yang tak akan bisa terbeli dan tidak akan terlupakan pada saat sampai di danau Ranu Kumbolo yang sangat indah, di tempat itu juga tedapat tanjakkan cinta. Zafran mengajak Ian untuk berjalan ke tanjakkan cinta tersebut, dan di tenagah jalan Genta memanggil mereka namun tiba-tiba di pertengahan jalan mereka lupa kalau tidak boleh melihat kebelakang. Mereka pun meneruskan perjalanan mereka, setelah lama berjalan, mereka hampir sampai di puncak Gunung Semeru, dan bermalam di sana. Jam menunjukkan pukul 2 malam mereka melanjutkan perjalan yang benar-benar mendaki, yang tidak membawa barang apa-apa. Jalanan menuju Mahameru mulai curam banyak batu jatuh dari injekan kaki para pendaki juga. Dan saat mereka berlima berjalan sebuah kejadian tidak terduga, batu sebesar kepala manusia banyak jatuh pas di depan gerombolan Genta, Arial, Zafran, Ian, Riani.

Ada batu yang kena Ian dan Dinda. Ian bisa dibilang sempat mati suri karena sempat tidak bernapas tapi akhirnya sadar, dan Dinda mengalami luka di telinganya sehingga sedkit mengagu pendengarannya, tetapi itu cuman sesaat. Mereka pun melanjutkan perjalanan yang akhirnya mereka berlima berhasil sampai di puncak gunung tertinggi yaitu Mahameru. Rasa senang, capek, bangga, semuanya bercampur. Melihat segala sesuatu berada dibawah kaki saat berada dipuncak tertinggi. Setelah sampai dipuncak, Zafran berteriak “Mahameruuu kami datanggggg!!” serunya. Mereka bersama pendaki lainnya melakukan upacara 17 Agustus. Setelah selesai Genta berkata “Kalo kamu yakin sama sesuatu, biarkan itu mengambang 5 cm disini di depan kening kamu Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. (sambil meletakkan jari telenjuk di depan kening), Zafran juga berkata “Saya Zafran saya mencintai kalian para sahabat serta saya mencintai negeri indah dengan gugusan ribuan pulaunya sampai saya mati dan menyatu dengan tanah tercinta.” Ian berkata “Saya Ian saya akan menjaga negeri ini dan membanggakan negeri tercinta ini, kita sudah tinggal disini, makan di sini, memakai tanah serta air di negeri ini maka kita harus menjaganya.” Dan Riani serta Dinda berkata “Kemudian yang kamu perlukan hanyalah kaki yang akan melangkah lebih jauh, tangan yang akan berbuat lebih banyak, mata yang akan melihat lebih lama, leher yang akan lebih sering mendongak, tekad yang setebal baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras serta mulut yang selalu berdoa.” Mereka pun melihat samudra di atas awan yang sangat indah, dan pemandangan di Puncak Gunung Mahameru  yang sangat indah.

Setelah selesai mereka pun turun menuju Danau Ranu Kumbolo, setibanya disana mereka berenam melepas lelahnya berenang ke Danau Ranu Kumbolo. Malam pun tiba, mereka membuat perkemahan di sana bersama pendaki lainnya. Nah setelah mereka semua istrihat hanya Genta dan Riani yang masih di luar tenda menikmati api unggun disini Genta mengungkapkan semua perasaannya ke Riani, “Riani setelah menjalin pertemanan selama 10 tahun lamanya yang lebih dari sekedar teman dan setelah melewati Puncak Mahameru bersama kamu, dibawah bintang dilangit rembulu, aku sayang kamu Riani.” Dan Riani berkata “Makasih Ta, tapi… bukan kamu Ta yang ada di hati Riani, dia… dia Zafran Ta.” Tapi sayangnya orang yang selama Riani sukai itu bukan Genta tapi Zafran, Riani pun memeluk Zafran. Di dalam tenda Zafran dan Dinda yang keduanya berpura-pura tidur tak sengaja mereka mendengar semua percakapan tersebut. Dinda pun sedih mendengarnya, dan Zafran mendengar hal tersebut baru tau isi hati Riani selama ini yang ia tak ketahui. Keesokkan paginya di Danau Ranu Kumbolo Zafran menatap mentari di pagi hari tak lama Riani keluar mendekati Zafran. Mereka berdua pun saling menatap dan bersama melihat matahari di pagi yang indah.

Dan 10 tahun kemudian…

Mereka masih berkumpul bareng, Arial menikah dengan Indy. Zafran menikah dengan Riani dan memiliki anak lelaki bernama Zafran Junior, dan akan memiliki anak lagi karena Riani sedang hamil anak kedua. Ian sudah Wisudah dan menikah dengan Happy Salma dan memiliki anak bernama David. Sementara Genta belum menikah, dan dia mulai tertarik sama Dinda yang masih kuliah.

  

Kata-Kata Motivasi film 5 cm

  • Alam ini sungguh indah, Bantu kami menjanganya Tuhan
  • Mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yang kamu mau kejar, biarkan  ia menggantung, mengambang 5 centimeter di depan kening kamu. Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa
  • Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter mengambang di depan kening kamu
  • kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa
  • Sebuah cinta memang harus diungkapkan karena tidak pernah ada cinta yang disembunyikan, kecuali oleh seseorang yang terlalu mencintai dirinya sendiri
  • Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita,
    kamu taruh di sini, di depan kening kamu
    jangan menempel, biarkan dia
    MENGGANTUNG, MENGAMBANG
    5 cm di depan kening kamu
    jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu
  • Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain
  • Jangan pernah meremehkan kekuatan seseorang karena Tuhan sekalipun tidak pernah
  • Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apapun itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri.
  • Keep our dreams alive, and we will survive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate